Rumah praktek dokter tuban, rumah dokter tuban,rumah tinggal dokter tuban

Bangun rumah milik dokter di Tuban, mulai nol hingga jadi.

Tim “Kontraktor di Tuban” melalui kontributor media online telah berhasil meliput hasil pekerjaannya yaitu pembangunan rumah salah seorang dokter di Tuban, yang berlokasi di jalan Pramuka 2, sebelah utara RSUD dr. Koesma Tuban. Rumah dengan ukuran sedang menggunakan tema konsep desain minimalis modern. Selain terlihat simpel rumah tersebut juga memiliki kesan modern namun tetap memperhatihan fungsi dari penataan ruang-ruang yang ada didalamnya. Bangunan rumah tersebut kami kerjakan melalui berbagai tahap proses pembangunan rumah.

rumah pribadi tuban,rumah praktek dokter tuban
                          Proses bangun Rumah Dokter di Tuban

Berikut ini adalah tahapan – tahapan dalam pembangunan rumah :

  1. Pekerjaan awal

Tahap awal adalah pengukuran lahan / area untuk menentukan posisi bangunan dan batas-batasnya. Kemudian bowplank, berguna menentukan titik-titik / sudut dari bangunan dengan mendirikan pagar/batas menggunakan kayu. Setelah itu penggalian yang berhubungan dengan pekerjaan pondasi dengan menghitung lebar dan dalam pondasi yang akan dikerjakan. 

  1. Pekerjaan pondasi keliling

Pekerjaan pondasi mencakup bagian terbawah dalam sebuah rumah yaitu pemasangan pondasi dengan batu kumbung/batu kali untuk luas bangunan rumah yang dihitung dari semua panjang pondasi dikalikan tinggi pondasi. Maka akan diketahui volume pondasi yang kemudian dapat digunakan untuk menentukan biaya-biaya material dan tenaga kerja tukang. 

  1. Pekerjaan stuktur bangunan

Struktur bangunan adalah salah satu bagian pekerjaan penting dalam pembangunan sebuah rumah ./ bangunan hal ini meliputi pengerjaan cakar ayam / paku bumi yang merupakan ujung tombak kekuatan rumah, kemudian sloof (balok beton bertulang mendatar yang dibuat diatas pondasi) yang perhitungannya adalah panjang total sloof x lebar x tinggi = satuan m3. Kemudian pembuatan kolom yang merupakan balok tegak lurus terhadap sloof yang biasanya dipasang pada bagian sudut-sudut serta jarak 3 meter antar kolom pada dinding, yang terakhir adalah Ring Balk di bagian dinding yang paling ujung, yang serupa sloof tetapi dibangun di atas kolom.

  1. Pekerjaan pasang dinding

Kebutuhan bata / kumbung / bata ringan bisa dihitung dari keliling dinding dikalikan dengan tinggi dinding. Kemudian kurangi dengan luas dari daun jendela dan pintu. Ukuranya tiap-tiap bata bisa berbdeda, apalagi dengan jenis kumbung maupun bata ringan. Pekerjaan lainnya adalah plesteran yang volumenya dua kali dari volume pasangan bata karena harus double site. Terakhir adalah acian yang luasnya sama dengan perhitungan plesteran.

  1. Pekerjaan pasang kusen, pintu, dan jendela

Pada tahap pemasangan kusen-kusen pada sisi-sisi dinding tertentu untuk akses keluar masuk maupun untuk sirkulas udara. Kayu-kayu itu dilapisi politur maupun cat mowilex agar awet. Dan termasuk pula pengerjaan pemasangan kunci dan handle pintu/jendela.

  1. Pekerjaan rangka atap

Item pekerjaannya meliputi pemasangan rangka atap (kuda-kuda, gording, nok, kaso & reng), pemasangan genteng beserta perlengkapannya. Rangka atap tersebut bisa dipilih dari baja ringan maupun kayu. Estimasi kebutuhannya adalah berapa banyak balok kayu/baja yang dibutuhkan untuk pembuatan rangka. Untuk saat ini yang lebih trend memang menggunakan baja ringan (galvalum) karena selain praktis juga awet dan tahan lama.

  1. Pekerjaan listrik dan sanitasi air

Pekerjaannya meliputi pemasangan toilet, wastafel, bath up, pemanas air, kran. Serta media pipa untuk pembuangan. Kemudian pemasangan jaringan kabel listrik, kotak sekring, saklar, titik-titik lampu penerangan, dan sejenisnya. Biasanya untuk pekerjaan listrik ada pihak pemborong khusus listrik yang ahli dibidangnya.

Rumah praktek dokter tuban, rumah dokter tuban,rumah tinggal dokter tuban
                         Rumah dokter di Tuban
  1. Pekerjaan finishing

Dibidang pekerjaan ini itemnya berupa pemasangan material lantai baik ruangan dan teras. Termasuk juga dinding-dinding tertentu seperti dapur maupun kamar mandi. Kemudian juga pekerjaan finishing kusen, pintu, dan jendela dengan pelapisan politur dan media dinding dengan cat agar awet dan menambah keindahan bangunan.

  1. Pekerjaan tambahan

Pekerjaan tambahan biasanya atas perintah dari pemilik rumah. Misalnya ada bagian ada pekerjaan yang kurang sempurna, atau juga pemasangan pagar, pembuatan kanopi, taman landscape, garasi. dll.

  1. Pembersihan

Sebelum rumah ditinggali harusnya dalam keadaan bersih dan siap ditempatin. Hal ini mengharuskan pihak tukang harus membereskan segala kotoran baik debu, noda dll yang masih tertinggal pada rumah. Agar si pemilik rumah merasa nyaman dan aman tinggal dirumah baru.

kontraktor rumah dokter tuban
                        Kontraktor Rumah Dokter Tuban

Uraian diatas adalah tahapan-tahapan dalam pembangunan rumah, maka oleh sebab itu bagi yang ingin untuk memiliki rumah idaman, pikirkan matang-matang besar biaya yang akan Anda keluarkan untuk membangun rumah sesuai keinginan. Namun apabila ingin memborongkan bangunan rumah seperti salah satu client kami seorang dokter yang telah mempercayakan tahapan / proses pekerjaan bangunan rumah di Tuban di “kontraktor di Tuban” maka tinggal kontak kami dan akan kami berikan informasi perkiraan biaya pengeluaran bangunan berdasar luasan per meter persegi desain yang Anda inginkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s